SWISHmax merupakan program pembuat
animasi untuk menghasilkan animasi Flash tanpa menggunakan Adobe Flash™.
SWISHmax sangat mudah dipelajari dan Anda dapat membuat animasi dengan teks,
gambar, grafik dan suara dalam waktu singkat. SWISHmax memiliki 230 efek siap
pakai seperti Explode, Vortex, Snakes dan lain-lain. SWISHmax memiliki tools
untuk menggambar garis, rectangels, elips, kurva acak, motion path, sprites,
tombol dan form masukan dengan cara yang lebih mudah. Tentu saja kemudahan itu
akan mengurangi fungsi bagi para pengguna yang ingin berkreasi lebih dengan
menggunakan ekstensi flash. Flash yang dihasilkan oleh swishmax secara kualitas
tidak kalah dengan yang dihasilkan oleh Macromedia Flash MX atau Adobe Flash.
Swishmax sangat cocok untuk para pemula yang ingin mempelajari Flash,
program SwishMax sudah lebih dari cukup untuk membuat berbagai animasi flash
apalagi kelengkapan fitur pada SwishMax semakin ditambah. Kelebihan lainnya,
bila sudah mahir menggunakan SwishMax, maka bila ingin beralih belajar
Macromedia Flash MX atau Adobe Flash akan lebih mudah karena sudah memiliki
dasar konsep pada SwishMax.
Swishmax juga dapat dijadikan alternatif
selain menggunakan flash yang telah banyak digunakan. Sebelum swishmax dikembangkan
software flash lebih dahulu tenar di kalangan desain grafis. Namun setelah
software ini dikeluarkan para animator lebih memilih menggunakan software
swishmax dari pada macromedia flash karena penggunaan script animasinya lebih
mudah dipergunakan dan lebih efektif. Dibanding dengan software lain, swishmax
menyediakan banyak desain button, sehingga memudahkan animator untuk mendesain.
Selain itu software swishmax mempunyai kelebihan disbanding software animasi
flash terdahulu, yaitu diantaranya swish max relatif lebih mudah
digunakan dibandingkan dengan Macromedia Flash dan dengan hasil relatif sama,
swishmax sudah dilengkapi dengan berbagai animasi yang menarik dan mudah dalam
penggunaanya, swishmax juga mampu menangani link antar objek maupun dokumen.
Pengembangan swishmax sebagai salah satu media penyampai pesan kepada anak
adalah sebuah gagasan yang dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam
menyampaikan materi terhadap anak. Pada kenyataannya, selama ini banyak guru
yang masih terus selalu menggunakan metode ceramah yang klasikal dalam
penyampaian materi. Padahal materi bisa disampaikan melewati beberapa media
yang salah satunya adalah swishmax ini. Jika mendengarkan ceramah yang
diberikan oleh guru, siswa hanya akan membayangkan dengan interpretasi yang
berbeda-beda setiap anak, karena tidak ada gambaran yang jelas mengenai
penjelasan yang diberikan atau tidak ada visualisasi yang jelas sehingga anak
susah membayangkan mendekati kenyataan.
0 comments:
Post a Comment